Minggu, 10 Juli 2011

Specialist atau Jack of All Trades?


Sekali lagi saya menemukan pilihan dalam hidup, yang gak mudah untuk ditentukan. Karena dalam hidup memang tidak ada pilihan yang salah, tapi saya hanya dapat berjalan di satu lajur, tidak keduanya.

Menjadi Jack of All Trades, orang yang bisa melakukan segala hal tapi tidak ada satu pun bidang yang dia spesialisasikan. Mungkin ini adalah karakter saya yang sesungguhnya tapi dalam hal adu skill one-by-one, jelas kalah. Jack of All trades memiliki banyak pengetahuan, oleh karena itu ia biasanya menjadi calon kandidat sebagai manager di suatu perusahaan. Namun ketika sudah menjadi manager, biasanya dia dituntut untuk mengembangkan pengetahuannya terutama di bidang politik. Tingkat stress seorang Jack of All Trades sangat tinggi nantinya.

Menjadi Specialist, orang yang hanya bisa melakukan satu hal namun ia menjadi benar-benar master di bidang itu. Saya suka bermain game tapi tidak ada satu pun game yang ditekuni, kadang saya iri melihat teman yang sangat dewa bermain dota, walaupun cuma itu game yang ia bisa. Seorang specialist biasanya dibayar sangat tinggi, jadi dia susah untuk maju ke jenjang manager. Kalo jadi staff aja sudah bisa kaya, kenapa harus jadi manager? Mungkin itu yang jadi prinsip kebanyakan dari para specialist

Suatu saat mungkin saya menemukan jawabannya. Lalu bagaimana dengan anda?



15 komentar:

  1. salam sahabat
    salam dari cina ehm unik postingannya memberikan wahana baru bagi saya terima kasih ya

    BalasHapus
  2. jadi spesialis itu menurut gw cuman memberikan waktu lebih untuk hal yg pengen lu spesialisin itu, sehingga waktu untuk hal lain menjadi berkurang atau tidak ada.
    dan lu merasa menjadi seorang jack-of-all-trades karena lu suka melakukan banyak hal dalam sehari-hari.

    BalasHapus
  3. hidup adalah tentang keberanian memilih dan menanggung segenap resiko, semoga bisa memutuskan dengan tepat

    BalasHapus
  4. Wih...udah ada 3 komeng, padahal saya daritadi lagi ngedit post ini hehe..

    @dhana: sama2 :)
    @baba: hmm..analisis yg bagus, gue emang orang yg suka nyari pengalaman baru..
    @joe: setuju! hidup itu bukan benar atau salah, tapi bagaimana menanggung konswekuensi atas apa yg kita pilih..

    BalasHapus
  5. kalo aku kayaknya masuk ke spesialis :)

    BalasHapus
  6. hanya beberapa bidang yang aku tekuni :)

    BalasHapus
  7. saya juga sama.. ga terlalu ahli main game... kalo soal keahlian sih palingan yang bisa dijagoin cuman nulis doang. hahahaha

    BalasHapus
  8. saya mungkin bukan spesialist,,,, eheheh nggak tahu juga sih

    BalasHapus
  9. kalau jengk cuma bisa main game bola ajah, tapi kadang menang, kadang kalah hehehheeeeee

    BalasHapus
  10. Bagi saya mengetahui segala sesuatu amat penting. makanya saya selalu mencari tahu untuk hal-hal yang baru,,,,,, menjadi orang OSB (orang serba bisa)adalah impian saya. Tapi walaupun begitu dari sekian banyak ke-bisaan saya mesti ada satu yang harus saya unggulkan. Jadi saya tetep jadi orang spesialis dan orang serba bisa......! ga' masalahkan.....?

    BalasHapus
  11. kok aku gak ngerasa dua2nya. gak bisa apa2 tepatnya. hihihi jegerrr

    BalasHapus
  12. klo gua sih menjadi Specialist of all Trades kali yah xDD

    ngg, klo sekarang masih jadi Jack of All trades. Kedepannya mungkin gua bakal memantapkan diri menekuni satu bidang yang bener2 gua suka dan beralih jadi spesialis. Klo hobi sih ga bakal kerasa capenya klo dijalanin.

    Salam kenal...
    gua follow nih~

    BalasHapus
  13. specialist... hmmm saya juga bingung apa yang menjadi spesialisasi saya... semua saya coba dan rata2 yang pernah saya coba semua bisa tapi tidak satupun yg menjadi spsialisasi saya... jd bisa di bilang saya orang yg serba bisa ha3....

    BalasHapus
  14. mantap gan infonya..
    keren deh..
    makasih gan..

    BalasHapus