Selasa, 10 Agustus 2010

Blogging = Posting x Blogwalking


Akhirnya saya bisa internet-an lagi, abis beli three langsung make paket 5 GB per bulan. Gak terlalu kenceng sih tapi sinyalnya oke juga disini, deket BTS jadinya dapet sinyal HSDPA. Oke kembali ke tank..top..

Setelah 1 tahun lebih saya blogging, baru beberapa minggu ini saya sadari bahwa blogging itu bukan hanya sekedar posting ataupun blogwalking, melainkan kombinasi dari keduanya. Seperti judul postingan ini, blogging = posting x blogwalking.

Apabila kita posting setiap hari namun tidak blogwalking, nilai dari blogging adalah nol.

Blogging = Posting x Blogwalking;
Blogging = Posting x 0;
Blogging = 0;

Kenapa bisa begitu? Walaupun kita posting artikel setiap hari tetapi tidak ada satu orang yang tahu dengan keberadaan artikel itu, otomatis tidak ada satu orang pun yang komentarm syukur-syukur ada yang nyasar dari google.

Begitu juga sebaliknya, apabila kita jarang posting walaupun rajin blogwalking, nilai dari blogging adalah nol.

Blogging = Posting x Blogwalking;
Blogging = 0 x Blogwalking;
Blogging = 0;

Meskipun awalnya banyak komentar, misal sudah sampai angka 30, tapi setiap saat orang melihat blog anda, artikelnya masih itu-itu aja, jelas blogger lain akan bosan dan tidak akan komentar.

Ayo kita update terus blog kita dan rajin-rajin mampir ke rumah tetangga.

Tambahan: Ada masukan dari arwansp, yaitu Monetize! Gak seru juga kan blogging cuma buat posting dan blogwalking, kalo dapet duit kan lumayan, jadi makin semangat!

44 komentar:

  1. Okee.. saya udah writing, sekarang saya mau blogwalking dulu.. permisiiiii.. :)

    BalasHapus
  2. silaturahmi sore sahabat

    selamat menyambut bulan suci Ramadhan ya sahabat
    somoga amal ibadah kita diterima Allah swt

    BalasHapus
  3. hihihi....setuju ane sama ente sob,,hehe... blogwalkin dan posting harus ada nilainya..biar nilai blogging pun ada,,, nice posting sobat.... :)

    BalasHapus
  4. masihn untung ditempat sampen HSDPA oke, ditempat pakde yang ada cuma tree GPRS, kalo pakde cuman paket 500MB saja sudah cukup.

    tentang teori blogging=posting x blogwalking, pakde sangat setuju karena faktanya memang demikian yang terjadi

    BalasHapus
  5. @aby: terima kasih..mohon maaf lahir n batin ya

    @elvin: terima kasih gan

    @pakde: waaahh..masa sih 500mb cukup? gak kurang tuh? hebat..

    BalasHapus
  6. Insya Allah. Mudah2an kedua hal tsb dapat aku lakukan. Tapi yang paling penting silaturahmi dan persahabatan terjalin erat.

    BalasHapus
  7. wah, betul sekali nih tulisan. keren!

    BalasHapus
  8. bener bgt tuh gan ane dulu cuma posting doank ga blogwalking sama juga boong makanya ane sekarang mencoba untuk blogwalking....^^

    BalasHapus
  9. ada baiknya sesudah berposting ria,kasi jeda waktu 1-3 hari untuk blogwalking sebanyak-banyaknya..tapi jangan sampe kelupaan posting
    komentar yg dateng pasti banyak..

    mau tukeran link?

    BalasHapus
  10. Sob.. bisa dikasih subsription nggak blogmu?
    kalo di WP kami yg sdh saling mengenal & tukar link, bisa subcriptin/langganan, jadi setiap ada teman yg posting tulisan baru langsung tahu, kan masuk ke email yg kita daftarkan untuk langganan. nggak mungkin kan, tiap hari berkunjung satu per satu teman2... iya kalo yg punya waktu banyak, kalo yg super sibuk sy, nggak bisa untuk menyambangi teman blogger 1 per 1.
    kalo bisa...blogmu di kasih subscription/langganan ya, biar sewaktu2 ada tulisan baru, kita langsung...
    terimakasih........

    BalasHapus
  11. biar langsung tahu maksudku..
    maklum, nulisnya sambil berbuka, jd banyak yg salah... hehe..

    BalasHapus
  12. udah dipasang tuh link nya...makasih..

    BalasHapus
  13. @erwin: waaahh..terima kasih banyak ya mas sarannya! tuh lgsg saya buat di widget atas :D terima kasih banyak ya..

    BalasHapus
  14. Sob... kalo langsung masuk ke email itu nggak bisa ya?

    BalasHapus
  15. @erwin: eh? gak ngerti deh :( yaudah lah gak pa2 sob, tukeran link aja udah seneng kok saya hehe..

    BalasHapus
  16. kunjungan malam sambil BW ke blog sahabat-sahabat

    BalasHapus
  17. blogging = posting x blogwalking x monetizing

    kalo cuma posting ama blogwalking aja jd nya kurang semangat...coba ditambah monetizing...pasti tambah maknyus... he he...dasar blogger matre...

    piis..

    BalasHapus
  18. Oke aku setuju dengan pendapat kamu, tapi namanya juga manusia setiap orang berbeda-beda kesibukannya, apa kamu tau kesibukan orang lain? Masak tiap hari kita harus meng update blog kita trus kemudian blogwalking. Satu hal yang nggak habis pikir, jangan sape kita terjebak di dunia maya. Terima kasih.

    BalasHapus
  19. hmm, blue mensuport apa yg engkau lakukan kawan
    semangat
    salam hangat dari blue

    BalasHapus
  20. @orange: BW apa? Bandwidth Killer? hehe..

    @arwan: waaah! ide yg bagus gan!

    @arqu3fiq: ya kan saya gak menyuruh, cuma mendefinisikan pendapat saya, toh gak setiap hari juga kita blogging kan?

    @blue: terima kasih

    BalasHapus
  21. monetize? belum kepikiran tuh, lagian masih iseng dan sayanya juga masih SMA

    BalasHapus
  22. @arip: eis jangan salah lho..udah ada bocah SMP yg bayar sekolahnya sendiri hanya dgn google adsense..jadi, apa salahnya nyoba? hehe..cuma bikin ATM doank, udah bisa buat paypal :)

    BalasHapus
  23. betul mas update post dan blogwalking itu jurus terampuh mas selain mendatangkan pengunjung dari tembak keyword hehe

    BalasHapus
  24. yup..betul banget bos :D perhitungan matematika tuh hahaha
    makasih y dah blogwalking ke tempat saya

    BalasHapus
  25. Aku memilih posting dan blogwalking sebisanya, tidak menjadikannya sebagai beban. Apalagi koneksi yang saya miliki hanya bisa bisa GPRS saja.

    BalasHapus
  26. @aldy: seikhlasnya aja ya mas? hehe..iya juga sih, kalo di kost karena make speedy, sehari saya belasan kali komentar..tapi skrg lg dirumah karena pake 3, walaupun dpt HSDPA tp ada kuotanya, jadi mikir2 deh buat buka yg BW Killer :D

    BalasHapus
  27. mari, mari mbak..eh, mbak atau mas kalau mau tukeran link....^^

    Salam kenal....moga bisa belajar dapetin duit sambil blogging..amin :)

    BalasHapus
  28. saya juga lagi nyoba 3 nih hihi :)

    setuju. blogwalking itu salah satu elemen penting dalam dunia per-blog-an

    BalasHapus
  29. @pendar: amin :) moga bisa bayar anak istri dengan blogging :D haha..nikah aja blm saya..

    @nadia: bener banget ! dengan blogwalking, rasanya saya lg di FB ketika komenin status orang :D haha..jadi blogging itu juga social network bagi saya..

    BalasHapus
  30. Gak semua Blogger Hobby BW, tapi kebanyakan tipe Blog seperti ini adalah Dofollow Blog dgn PR lumayan, banyak Blogger malah ke tempat dia untuk cari Backlink..

    Komennya jadi penuh sendiri, traffic stabil atau meningkat..

    Tapi Blogwalking / Jalan Sehat, selain Meningkatkan Silaturahim juga dpt Menambah Info bagi kita.. Kayak Rumus Diatas,

    Btw itu Rumus dari Mbah Google ya?? :)

    BalasHapus
  31. @kedai: itu rumus saya nemuin sendiri boss :) tapi gak tau deh kalo udah ada yg posting duluan, saya gak ngecek di google..cuma pemikiran sederhana aja :D

    BalasHapus
  32. Makasih ya.. Link sdh tertancap disini :), semoga silaturahim tetap terjaga, sering2 Mampir dan Jalan Sehat ala Blogger ya.. :D

    BalasHapus
  33. Benar sekali, supaya blog kita diketahui di ranah blog, ya harus blogwalking. Blogwalking sama juga dengan promosi blog kita. ;)

    BalasHapus
  34. vet pasang c box lah, nah lu ma tuker link doank jarang mampir ke tempat w, vet dapet salam dari intan. vet w kmaren bis ruwatan ganti nama blog, jadi bukan hageta lagi, tapi princiNaTa blog. jangan lupa diganti ya.

    BalasHapus
  35. @teguh: chat box? isinya cuma spammer doank..
    "selamat malam", "kunjungan balik ya kawan", dll..
    gue benci banget dah ama blogger yg kyk begitu..

    BalasHapus
  36. iye w juga, mau ngebasmi aja para bloger yang masih bisanya cuma komentar kentut

    BalasHapus
  37. I certainly enjoyed the way you explore your experience and knowledge of the subject! Keep up on it. Thanks for sharing the info.

    BalasHapus
  38. Udah lama banget ya blogging. Saya sih baru kenal blogging baru baru ini.

    BalasHapus