Sabtu, 29 Oktober 2011

Perbedaan INDONESIA dan Negara Maju seperti Jepang


Penjelasan mengenai judul artikel ini didapat dari dosen MSDM saya, Alm. Pak Sugiarto, beliau memberi pemahaman tentang apa yang membuat negara menjadi maju dan masih berkembang.

UMUR

Kita coba lihat Mesir dan India, negara yang sangat tua tapi masih dikatakan "berkembang". Meskipun memang negara-negara itu masih lebih maju dari negara ini.

Lalu lihat Singapura, negara yang baru merdeka 20 tahun setelah Indonesia, namun negara tersebut jauuuh lebih maju negara ini. Jadi, umur TIDAK menentukan maju atau mundurnya berkembangnya suatu negara.

KONDISI GEOGRAFIS

Sekarang kita ke Jepang, negara yang penuh dengan kepulauan, tanah tidak subur, sering terjadi gempa, dan gunung-gunung yang membuat transportasi mereka harus menggunakan kereta bawah tanah. Namun mereka bisa maju dibawah kondisi geografis yang bisa dibilang, jelek.

INDONESIA ! Negara yang luas, menanam apa saja bisa tumbuh, gempa hanya pada daerah-daerah tertentu, dan transportasi darat masih cukup layak. Namun kenapa di negara ini kita masih sering melihat kejahatan dan kemiskinan? Padahal INDONESIA memiliki kondisi geografis yang bisa dibilang, sempurna.

KECERDASAN

Saya pernah mendengar tentang kecerdasan orang Indonesia dan Jepang. Diberikan beberapa tes selama beberapa hari. Dan hasilnya juga gak beda jauh. Intinya kecerdasan negara ini dan orang-orang sipit itu bisa dibilang setara.

Dan kenapa negara ini MISKIN dan negara itu KAYA?

MENTAL

YA ! Ternyata yang berbeda adalah MENTAL-nya !

Banyak orang Indonesia yang kurang menghargai waktunya sendiri, lebih sering telat daripada ontime.

Banyak orang Indonesia yang kurang menghormati hak orang maupun dirinya sendiri, lebih senang mencuri daripada mendapatkannya secara halal. (mungkin di kalangan berpendidikan, hal ini jarang terjadi)

Banyak orang Indonesia yang kurang bertanggung jawab, lebih sering lari dari tanggungjawab daripada menerima kesalahannya sendiri.

Masih banyak prinsip dasar kehidupan yang tidak dihargai oleh warga negara Indonesia, namun saya yakin seyakin-yakinnya dalam waktu beberapa tahun kedepan orang-orang Indonesia akan semakin sadar tentang pentingnya prinsip tersebut.

Let's make INDONESIA better in the future ! !

7 komentar:

  1. Jadi untuk berubah, sebenernya balik ke masing-masing pribadi yah?.. yah, seandainya untuk berubah aja stiap orang butuh waktu satu meniit aja. maka, untuk mengubah seluruh rakyat butuh 250 juta menit. dan kalo dikonversikan : Bertahun-tahun!.

    kecuali kalo serentak!

    BalasHapus
  2. tp aku tetap merasa bangga sob menjadi Bangsa Indonesia..!

    suatu saat pasti Indonesia akan mengalami perubahan, saya yakin itu!

    BalasHapus
  3. indonesia tu pulusi dimana-mana (banyak kendaraan bermotor dua dan empat)
    Polusi Suara(suara mobil kek,motor kek n banyak balap-balapan)walaupun gw juga ikud
    Keamanan tidak diterjamin (lihat aja di kota-kota seperti di jakarta,banyak kasus pemerkosaan,kebakaran,korupsi,dll)
    cuaca yang Panas akibat polusi yg berlebihan

    BalasHapus
  4. Gan, blog saya rubah domain menjadi www.technowar.net harap diganti pada Link Exchange dengan:

    Nama: All About Technology
    Url BLog: http://www.technowar.net

    Kalo sudah dirubah, kabari saya gan

    BalasHapus
  5. pemotongan beberapa generasi yang masih bermental "nanti", mungkin dibutuhkan untuk membuat indonesia lebih maju :)

    Nice writing

    BalasHapus
  6. Menurut saya setiap bangsa menuju kemajuannya melalui jalannya sendiri2, aku yakin tinggal menunggu waktu untuk menjadi negara maju, selalu dibocel kawan

    BalasHapus
  7. mantap gan infonya..
    keren deh..
    makasih gan..

    BalasHapus